🍃🌸🍃Hiperemesis Gravidarum(Mual & Muntah Berlebihan Saat Hamil)🍃🌸🍃

24/12/2014

🍃🌸🍃Hiperemesis Gravidarum(Mual & Muntah Berlebihan Saat Hamil)🍃🌸🍃

🌹 Seorang wanita yg sedang hamil seringkali mengalami mual muntah. Hal ini wajar bila terjadi pada 3 bulan pertama kehamilan (trimester pertama), terutama pada pagi hari & tidak sampai mengganggu aktivitas. Namun ada kalanya mual muntah terjadi berlebihan sampai pada keadaan yg disebut Hiperemesis Gravidarum.

 Hiperemesis gravidarum adalah mual dan muntah yg berlebihan & menetap yg terjadi selama kehamilan & dapat menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan).
Ada yang mengatakan batasan utk dikatakan hiperemesis gravidarum adalah muntah >10 kali dalam 1 hari.
Namun, sebenarnya tidak ada batasan khusus berapa kali muntah, asalkan mual muntah sudah mempengaruhi kondisi fisik ibu hamil secara umum maka sudah dapat dikatakan mengalami hiperemesis gravidarum.

🌼 Hiperemesis gravidarum terjadi pada usia kehamilan 2-12 pekan, walaupun dapat berlanjut sampai 20 pekan.
Dari 100 ibu hamil, 1-5 di antaranya mengalami hiperemesis gravidarum.

 Penyebab
Hampir semua wanita mengalami mual muntah khususnya pada 3 bulan pertama kehamilan. Penyebab timbulnya mual muntah ini dipercaya karena peningkatan hormon HCG yang dihasilkan oleh plasenta. Namun, faktor yang menyebabkan ibu hamil mengalami mual muntah berlebihan belum diketahui dengan pasti, kemungkinan faktor yang bisa menyebabkan hiperemesis gravidarum antara lain:
💓 hamil anak pertama
💕 hamil anak kembar
🍇 mola hidatidosa atau yang sering disebut “hamil anggur”
💭 masalah psikologis spt keretakan rumah tangga, kehilangan pekerjaan, tidak siap dgn tanggung jawab sbg ibu, dsb.

 Efek dari hiperemesis gravidarum adalah dehidrasi, penurunan berat badan, berkurangnya cadangan lemak dan karbohidrat tubuh sehingga mudah letih, lemas, pusing, menyebabkan robekan selaput lendir tenggorokan & lambung sehingga muncul perdarahan pada saluran cerna, & pada kasus ekstrem ibu hamil dapat mengalami koma & menyebabkan kematian janin.

 Wanita hamil yang mengalami mual muntah sampai mengganggu aktivitas, perlu memeriksakan diri ke bidan atau dokter, pada pemeriksaan mungkin akan ditemukan:
🌿 penurunan berat badan
penurunan tekanan darah
 peningkatan denyut nadi & tanda2 dehidrasi lainnya
 peningkatan suhu tubuh
🌱dapat ditemukan penurunan kesadaran
 mungkin diperlukan pemeriksaan hematokrit, pemeriksaan urin, & USG utk menentukan penyebab, keparahan dehidrasi & terapi yg perlu diberikan.

 Mengatasi hiperemesis gravidarum:
 makan dengan porsi yg sedikit namun sering
 lebih banyak makan makanan kering
 mengurangi makanan berminyak & berlemak
🍹banyak minum utk menghindari dehidrasi
 minuman jahe dapat membantu mengurangi mual muntah & aman utk ibu hamil.
  setiap pagi setelah bangun tidur, minum teh hangat & camilan kering spt biskuit & roti kering. Bangun dgn perlahan dr posisi tidur-miring-duduk kemudian berdiri utk mengurangi pusing.  lebih banyak mengkonsumsi makanan yg hangat
🍗 mengkonsumsi vitamin B6 dapat mengurangi mual muntah. Vitamin B6 bisa didapat dari sumber alami misalnya dari daging ayam, sawi, kembang kol, lobak, atau minum tablet vitamin B6, atau mengkonsumsi susu yg diperkaya dengan vitamin B6.
 memperbaiki masalah psikologis
 jika mual muntah sangat parah & tidak bisa diperbaiki dgn cara di atas, perlu memeriksakan diri agar mendapat obat mual muntah yg aman utk ibu hamil
 pada keadaan yg parah diperlukan infus utk mengganti asupan makanan shg penderita perlu dirawat di rumah sakit.
🍯 mengkonsumsi vitamin sejak awal kehamilan dapat mencegah terjadinya hiperemesis gravidarum

 Biidznillah, hiperemesis gravidarum akan membaik pada trimester kedua kehamilan. Dengan pertolongan Allah kmdn dengan penanganan yang tepat jarang ditemukan komplikasi yg serius pada ibu maupun janin.

والله اعلم بالصواب

✒dr. Dianika Ummu Raihana
(Telah dikoreksi dr. Agustin Aisyah, Sp. PK, M. Kes)

🍯BIKUM🍯

———————-

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published