🍂 Cara Terbaik dan Benar Menggosok Gigi

📆Selasa,20 Rabi’ul Tsani 1436H/10 februari 2015M

🍂 Cara Terbaik dan Benar Menggosok Gigi

✒dr. Ika Ummu Azzam
__________________________

✅ Cara terbaik dan benar menggosok gigi adalah sebagai berikut :

🍎1. Kurangi penggunaan odol berlebihan

Banyak sekali orang yang salah memahami bahwa dengan menggunakan banyak busa lewat odol maka akan membuat gigi cepat bersih. Namun sebaiknya menggunakan odol yang seukuran biji jagung saja sebab jika busa saat menyikat gigi banyak akan membuat anda ingin cepat menyelesaikannya.

🍊2. Gosok gigi 45 menit setelah mengkonsumsi soda

Soda dapat membuat gigi rapuh jika langsung menggosoknya setelah mengonsumsinya. Sisa asam pada soda yang bercampur zat yang ada pada odol atau pasta gigi akan membuat gigi cukup berpotensi untuk rapuh.

🍎3. Gosok dengan lembut

Saat menggosok gigi, gosoklah gigi dengan lembut. Jangan terlalu keras dan gosoklah dengan lama di arah depan terlebih dahulu. Menggosok gigi dengan keras akan menyebabkan gusi surut dan gigi menjadi sensitif.

🍊4. Sikat satu persatu

Sikat gigi satu persatu dan hindari untuk menyikatnya secara keseluruhan. Saat menyikat gigi habiskanlah waktu 12-13 detik per gigi hingga gigi benar-benar bersih. Rongga mulut sebaiknya dibersihkan dengan baik.

🍎5. Sikat arah vertikal

Sikat gigi dengan arah vertikal hingga seluruh kotoran pada sela-sela gigi juga ikut terangkat. Usahakan untuk memeriksa seluruh sela-sela gigi setiap menyikat gigi.

🍊6. Vertikal di bagian kanan dan kiri

Setelah menyikat gigi bagian depan, maka beralihlah menyikatnya secara vertikal di bagian samping kanan dan kiri. Pastikan seluruh bagian samping gigi tersikat dengan baik satu persatu.

🍎10. Menyikat bagian dalam gigi

Setelah menyikat bagian samping kanan dan kiri, berikutnya adalah menyikat bagian dalam gigi. Sikat dengan baik secara merata dan bersih sebab bagian dalam gigi merupakan bagian yang banyak menyimpan sisa-sisa makanan.

🍊8. Menyikat lidah dan langit-langit mulut

Saat menyikat gigi, bukan hanya gigi saja yang harus diperhatikan, namun sikatlah pula lidah dan juga langit-langit, sebab bakteri juga bisa bersarang di dua tempat tersebut.

🍎9. Gunakan penyegar mulut

Penting juga untuk menggunakan cairan penyegar mulut. Sebab dengan cairan mulut tersebut akan dapat mengurangi jumlah bakteri pada mulut. Mulut akan segar dan terhindar dari bakteri.

🍊10. Pilih sikat yang lembut

Saat memilih sikat gigi, maka pilihlah yang sikatnya lembut karena dengan menggunakan sikat yang keras maka akan merusak gusi. Setelah pemakaian sikat gigi yang lebih dari 3 bulan, maka perlu segera menggantinya dengan yang baru. Sebab akan memberikan hasil yang kurang maksimal saat menyikat gigi.

و الله أعلم بالصواب

🌷Semoga bermanfaat.

🍯BIKUM🍯

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published