📎 INFEKSI SALURAN KENCING

📆Rabu,21 Rabi’ul Tsani 1436H/11 februari 2015M

📎 INFEKSI SALURAN KENCING

✒dr.Dianika Ummu Raihana
➖➖➖➖➖➖

        Infeksi saluran kencing (ISK) adalah terdapatnya kuman/bakteri dalam jumlah yang cukup banyak di saluran kencing sehingga menimbulkan penyakit.

ISK lebih banyak menyerang wanita dripd laki2 karena saluran kencing pada wanita lebih pendek & lubang keluarnya lebih dekat dengan anus, sehingga mudah terkontaminasi kuman.

sebelumnya perlu diketahui, saluran kencing terdiri dari ginjal, saluran penghubung ginjal dan kandung kemih (ureter), kandung kemih, dan saluran penghubung kandung kemih dgn lubang keluar (uretra).

Kuman/bakteri dapat berasal dari air yg tidak bersih, kuman dari dubur, pakaian dalam & tangan yg tidak bersih. Dapat juga terinfeksi saat jima’ dengan pasangan yang menderita ISK.

Kuman ini masuk kemudian berkembang biak di saluran kencing, dan pada keadaan yg parah dapat terus naik sampai ke ginjal. ISK yang menahun juga dapat berkembang menjadi batu saluran kemih.

🔎gejala2 ISK:

🌼sering merasa ingin buang air kecil walaupun yang keluar hanya sedikit (anyang2en)

🌼terasa panas saat BAK

🌼terasa nyeri saat BAK

🌼air seni keruh, kadang disertai cairan putih seperti nanah, dapat berwarna kemerahan (berdarah)

🌼kadang disertai demam

🌼jika infeksi sudah sampai ke ginjal, penderita akan merasakan demam, mual, & nyeri di pinggang terutama di bagian belakang.

🍄ada/tidaknya kuman diketahui dari pemeriksaan air seni dgn mikroskop. Jika ISK terjadi berulang2 & sudah diobati tetapi tidak sembuh2, diperlukan juga pemeriksaan rontgen/usg untuk melihat adanya kelainan di saluran kemih (misalnya batu yg menyumbat saluran kemih sehingga air seni tertahan & kuman lebih mudah berkembang biak).

ISK diobati dengan antibiotik. Anti nyeri & anti demam diberikan jika terdapat nyeri/demam.

✔pencegahan ISK:

-banyak minum air putih

-jangan sering menahan BAK

-ganti celana dalam minimal dua kali sehari

-gunakan air yg bersih setelah BAK

-saat istinja’, bersihkan & siramkan air dari arah depan ke belakang, jgn dari belakang ke depan agar kuman dari dubur tidak masuk ke farji.

-setelah memegang dubur, cuci tangan dahulu sebelum menyentuh farji.

و الله أعلم بالصواب

🍯BIKUM🍯

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published