☝ MENGENAL DIABETES MELLITUS

[2:15 PM 22/02/2015] Ummu Nu’aim_Admin BIKUM: بسم الله الرحمن الرحيم

☝ MENGENAL DIABETES MELLITUS

Diabetes mellitus (atau Kencing Manis) selanjutnya disingkat DM merupakan penyakit kronis seumur hidup yang mempengaruhi kemampuan tubuh kita dalam menggunakan energi yang terdapat di dalam makanan.

Ada 4 Tipe yaitu
1⃣ DM tipe 1
2⃣ DM tipe 2
3⃣ DM dalam kehamilan
4⃣ DM tipe lain

Semua tipe mempunyai kesamaan.

Normalnya tubuh kita mengolah gula dan karbohidrat yang kita makan menjadi gula sederhana yang disebut Glukosa.

Glukosa merupakan sumber energi sel dalam tubuh kita. Namun sel kita membutuhkan hormon Insulin yang digunakan untuk mengambil Glukosa di dalam aliran darah dan menggunakannya sebagai energi.

Dengan kita terkena DM maka tubuh kita tidak mampu memproduksi cukup insulin, tidak bisa menggunakan insulin yang sudah tersedia atau kombinasi keduanya.
Karena sel tidak bisa mengambil glukosa maka kadar glukosa di dalam darah meningkat.

Peningkatan kadar glukosa dalam darah bisa merusak pembuluh darah kecil di ginjal, jantung, mata atau sistem saraf kita.

Itu sebabnya penderita DM terutama jika tidak diterapi dengan baik dapat terkena komplikasi penyakit jantung koroner, stroke, penyakit ginjal, kebutaan dan kerusakan saraf terutama saraf di kaki.

👉DM tipe 1 merupakan jenis DM yang sering mengenai anak anak atau usia muda umumnya kurang dari 30 tahun. Tubuh penderita tidak mampu memproduksi insulin sehingga membutuhkan insulin dari luar. pengobatan biasanya dengan insulin yang disuntikkan ke tubuh.

👉DM tipe 2 merupakan tipe DM yang paling banyak diderita. Diduga kegemukan dan pola hidup tidak sehat pencetusnya. Untuk yang ini pengobatan bisa dengan obat antidiabet yang diminum atau injeksi insulin atau kombinasi keduannya. Sering mengenai usia diatas 40 tahun.

👉DM dalam kehamilan, sesuai dengan namanya merupakan DM pada ibu hamil. dengan berakhirnya masa kehamilan atau sesudah melahirkan maka akan hilang.

👉 DM tipe lain yaitu yang tidak termasuk 3 jenis diatas. penyebabnya banyak misal karena obat2 an, tumor dan lain sebagainya.

👉GEJALA DM
▶Sering Minum
▶Sering Kencing
▶Sering Makan
Gejala diatas disebut trias gejala klasik.
▶Berat badan menurun
▶Penyembuhan luka lambat
▶Gatal
▶Lemas
▶Sering mengalami infeksi di kulit dan kemaluan
▶Sering mengantuk

⛔Pemeriksaan Laboratorium DM

Seseorang dikatakan DM jika hasil pemeriksaan glukosa darah sewaktu(GDS >= 200) Atau pemeriksaan glukosa darah puasa(GDP>=126).

Puasa yang dilakukan biasanya 10 jam.

☝PENGOBATAN
Meliputi 3 faktor
1⃣Obat2 an untuk menurunkan glukosa darah
2⃣Diet DM
3⃣Olah Raga

ditulis oleh ADMIN INKES

والله اعلم بالصواب

🍃 Repost Grup BIKUM🍯

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published