adab dan akhlak

ADAB & AKHLAQ { 2 }

🔸SUDAH KAH ANDA BERCERMIN DENGAN CERMIN ISLAMY ??🔸

📖 Dari Abu huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata : bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda :

المؤمن مرآة أخيه و المؤمن أخو المؤمن يكف عليه ضيعته و يحوطه من ورائه

” Seorang mu’min adalah cermin bagi saudara nya , seorang mu’min adalah saudara bagi mu’min yang lain sehingga dia akan mencegah saudara nya dari kebinasaan dan akan menjaga nya ketika dia tidak ada di dekat nya ( tidak mengghibahi nya _pent ) ” .

👉🏼 Hadits ini di riwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhori dalam kitab Al-Adabul Mufrod .

_____________

💡 Makna hadits :

👍🏻As-syaikh Al-Albany menjelaskan tentang hal ini yang kurang lebih makna nya :

📣 Bagi seorang muslim hendak nya senang untuk berinteraksi dan bergaul dengan saudara nya sesama muslim karna banyak manfaat yang akan di dapat dengan hal tersebut di antara nya dia bisa naik ke derajat lebih sempurna dengan pertolongan saudaranya tersebut karna tabi’at jiwa manusia adalah suka memerintahkan kepada kejelekan dan dia tidak bisa melihat atau merasa dengan kesalahan yang ia lakukan bahkan dia lebih sering melihat kepada kesalahan yang di lakukan saudara nya .

👍🏻 Maka seseorang benar- benar membutuhkan saudara nya semuslim guna mengingatkan nya dari aib-aib yang tidak ia rasa sehingga dia bisa terus membenahi diri , wallohu a’lam .

❓❓ Adapun segi kesamaan antara seorang muslim dengan cermin adalah sebagai berikut :

1⃣ . Cermin akan memperlihatkan aib-aib yang tidak bisa di lihat oleh yang bercermin begitu pula seorang mukmin dia akan memberitahu saudara nya tentang aib-aib yang tidak bisa di lihat atau di rasa oleh saudara nya tersebut .

2⃣ . Cermin akan memperlihatkan aib-aib dan kekurangan-kekurangan sebagaimana ada nya tidak di tambah-tambahi dan tidak di kurang-kurangi , begitu pula seorang mu’min dia tidak akan menambah-nambahi atau mengurang-ngurangi kekurangan yang ia sampaikan kepada saudaranya .

3⃣ . Cermin tidak peduli dengan apa yang ia pantulkan dari aib-aib , dia akan tetap diam , begitu pula seorang mukmin dia tidak peduli dengan aib-aib saudara nya bahkan akan selalu mengingatkan saudaranya tersebut agar semakin sempurna .

4⃣ . Cermin akan selalu diam ketika memberitahu kekurangan-kekurangan seseorang , begitu pula seorang mukmin dia akan diam ketika menyampaikan dan menasehati kekurangan-kekurangan saudara nya , dia tidak akan mengghibahi nya dan tidak akan menyampaikan kekurangan-kekurangan saudara nya tersebut kepada manusia .

5⃣ . Jika engkau menjauh dari cermin maka akan hilang sedikit demi sedikit bayanganmu , demikian hal nya seorang mukmin ketika engkau jauh dari nya dia akan selalu menjaga rahasia-rahasia mu dan menutupi aib dan cela-cela mu .

6⃣ . Bahwa cermin tidak lah memperlihatkan kecuali bagian-bagian yang engkau butuhkan saja , begitu juga seorang mukmin dia tidak mencari-cari aib-aib saudara nya dan tidak bertajassus .

7⃣ . Cermin tidak bisa memantulkan cahaya kecuali jika cermin tersebut bersih dan jernih , begitu pula seorang mukmin jika dia ingin menjadi cermin bagi saudara nya hendak nya dia membersihkan diri nya dari dosa-dosa dan kemaksiatan sehingga orang lain akan menerima apa yang dia nasehatkan dan ingatkan .

8⃣ . Bahwa cermin merupakan alat terpenting untuk berhias sampai-sampai di katakan tiada arti nya berhias bila tanpa cermin , begitu pula hal nya seorang mukmin , hidup nya tidak akan sempurna bila tidak ada saudara nya semuslim yang selalu mengingatkan nya dan menasehati nya .

9⃣ . Cermin adalah barang yang sangat di jaga oleh pemiliknya , begitu pula seorang mukmin dia harus selalu menjaga saudara nya yang soleh agar selalu menasehati nya dan mengingatkan nya .

🔟 . Bahwa cermin tidak dapat menampakkan apa yang ada di dalam bathin seseorang , begitu pula seorang mukmin dia bergaul dengan saudara nya sesuai dengan apa yang tampak pada diri nya dan tidak memaksakan diri untuk mengetahui isi hati nya .

Wallohua’lam bisshowab
________

📚Sumber : ( Fawaid kajian kitab Al-Adabul Mufrod bersama Al-Ustadz Abu Hudzaifah Yunus hafidzohullohu ta’ala ) di ma’had darus salaf bontang

✏Di ringkas oleh :
Santri kecil di bumi bontang Abu Ruhail Taufiq Ad-Difasiniy

🌴Ash Shalihah

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published