Manfaat & Cara Pembuatan Black Garlic

بسم الله الرحمن الرحيم

📆Sabtu, 23 Shafar 1437H || 05 Desember 2015.
〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🌰Manfaat dan Cara Pembuatan Black Garlic🌰

☑️ Black garlic atau bawang hitam selain sbg penambah citarasa masakan. ternyata black garlic ini mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

☑️ Black Garlic
Black Garlic atau yang lebih dikenal dengan Bahasa kita sebagai orang Indonesia “Bawang hitam” merupakan hasil fermentasi dari bawang putih. Seperti namanya Black Garlic (Bawang hitam), warna dari Black Garlic adalah hitam dengan tekstur yang lembut dan gurih serta aroma yang tidak terlalu tajam dan rasa yang sedikit manis. Walau demikian, Black Garlic tetap bisa menghasilkan makanan yang lezat.

🌾 Black Garlic dikenal berasal dari Korea Selatan, di mana Black Garlic ini digunakan sebagai suplemen tubuh herbal yang memiliki kekuatan antioksidan jauh lebih besar disbanding bentuk dasarnya.

✅ Cara pembuatan Black Garlic memakan waktu yang sangat lama yaitu 90 hari. Proses fermentasi ini bisa disingkat menjadi 40 hari, namun hasilnya akan sangat berbeda dengan yang diproses selama 90 hari. Cara fermentasi yang dilakukan adalah dengan memasuk kan bawang putih pada mangkuk stainless dan menutupnya dengan kertas alumunium foil, kemudian mangkuk ini diletakkan dalam oven dan dipanggang dengan suhu 25 – 30 derajat selsius selama 40 hari atau 90 hari. Kita harus melakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.Harga penjualan Black Garlic sangat mahal, maklum saja karena proses pembuatannya yang sangat lama dan manfaat yang dikandungnya juga sangat bagus untuk kesehatan manusia.

✔️ Black Garlic memiliki banyak manfaat bagi manusia. Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi Black Garlic adalah :

1⃣. Mengatasi Kanker dan Kolestrol

Setelah difermentasikan selama 1 bulan lebih, Black Garlic memiliki manfaat 4x lebih bagus dari bawang putih biasa. Senyawa S-allylcysteine, komponen alami bawang putih segar dan turunan dari asam amino sistein, konsentrasi yang terkandung dalam Black Garlic jauh lebih besar dari bawang putih biasa dan diduga senyawa ini bisa membantu menurunkan kolestrol dan mengurangi resiko terjadinya kanker.

2⃣. Mengatasi Infeksi

Bawang putih mengandung agen anti-mikroba, antibiotik, dan anti-jamur pada bahan aktif, allicin. Setelah difermentasikan, S-allycysteine pada Black Garlic membantu dengan penyerapan allicin, sehingga metabolisme menjadi jauh lebih mudah è sehingga bisa memberikan perlindungan infeksi.

3⃣. Perlindungan terhadap berbagai penyakit

Black Garlic memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari penyakit termasuk kanker dan bisa untuk memperlambat proses penuaan

📌 Beberapa penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan dengan Black Garlic adalah :

Mengobati penyakit yang berkaitan dengan paru paru seperti asma, batuk, sesak nafas
Mencegah Stroke/Serangan Jantung
Memperbaiki sistem pencernaan, dengan detoksifikasi
Meringankan penyakit Parkinson
Membantu penderita Diabetes dengan mengkawal glukosa dalam darah dan meningkatkan insulin
Berfungsi membuang logam berat dalam badan seperti merkuri
Mencegah Alzheimer
Memperbaiki Sel Hati
Melegakan sakit-sakit Sendi/ Artritis

Walaupun Black Garlic memiliki banyak manfaat, namun Black
Garlic tidak boleh dikonsumsi oleh:
Orang yang alergi bawang putih
Orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat
Orang yang sedang Migrain

Berbagai menu yang disajikan dengan Black Garlic seperti menu keju Cheese black garlic baked rice with mushroom and meat, adalah menu yang sedikit mirip dengan hidangan Risotto ini merupakan paduan bawang hitam dan nasi yang dipanggang dengan jamur dan daging disiram dengan keju kemudian dipanggang.

🌮 Kreasi Masakan dengan Balck Garlic lainnya sprti:
– Cheese black garlic baked rice with mushroom
– Black garlic with dried scallop and sea moss in oyster sauce
– Ayam panggang dengan bawang hitam dan bawang putih (roasted spring chicken with black and white garlic)
– Black Garlic & Pumpkin Puding
– Jelly Black Garlic
– Selada Abalone dengan bawang hitam dan umbi bunga lili (Abalone salad with
Oriental black garlic and lily bulb)
– Ayam panggang dengan bawang hitam dan bawang putih (roasted spring chicken with black and white garlic)
– Bawang putih hitam dengan kerang kering, lumut laut dan saus tiram (black garlic with dried scallop and sea moss in oyster sauce).
Dll.

🌰 Nah, itulah tadi ulasan mengenai Black Garlic atau Bawang Hitam yang kaya akan manfaat untuk kesehatan, semoga ulasan tadi bermanfaat dan menambah pengetahuan

📚Dari berbagai sumber

بارك الله فيكن

🍰DaPuR UmMaHaT🍰

_________________________
Dipublikasikan kembali:
🍯Majmu’ah BIKUM🍯

📲https://telegram. me/Majmuah_Bikum

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published