Ucapan Selamat Tahun Baru

💥🎉💥🎉💥🎉💥🎉

Syaikh Sholih Al-Fauzan -hafidzahallah- ditanya :
Tentang Ucapan Selamat Tahun Baru Hijriyyah ? 🎉

Maka beliau menjawab :
❌Saya tidak mengetahui adanya landasan dalam hal ini. Penanggalan hijriyyah tidaklah dimaksudkan agar awal tahunnya dijadikan ajang perayaan dan penghormatan serta ada ucapan peringatan dan selamat padanya. ☝Sesungguhnya penanggalan hijriyyah itu dibuat hanyalah untuk membedakan akad-akad saja.
Sebagaimana yang dilakukan oleh Umar -radhiyallahu ‘anhu- ketika kekhilafahan semakin meluas pada masa beliau,surat-surat datang kepada beliau tanpa ada tanggalnya, beliau pun butuh untuk memberi tanggal sehingga dengannya diketahui surat-surat tersebut dan tanggal penulisannya .

📌Beliau meminta pertimbangan kepada para shahabat, lalu mereka menyarankan untuk menjadikan peristiwa hijrah sebagai awal penanggalan hijriyyah. Mereka meninggalkan penanggalan miladi, padahal penanggalan tersebut ada pada masa mereka.

✏Mereka menjadikan peristiwa hijrah sebagai awal penanggalan kaum muslimin dalam rangka untuk menandai (waktu) perjanjian-perjanjian dan surat-surat saja. Bukan untuk dijadikan sebagai ajang perayaan dan membicarakannya, hal ini bisa mengarah kepada kebid’ahan.

〰🌸〰

Pertanyaan :
🌠Apabila ada seseorang mengucapakan kepadaku “كل عام و أنتم بخير” (semoga sepanjang tahun engkau dalam keadaan baik),lalu apakah ucapan ini disyariatkan pada hari-hari ini ?

Jawab : tidak,tidak disyariatkan dan tidak diperbolehkan yang demikian ini.❌

_______________________

📚 Kitab : Al-ijabatul muhimmah fil masyakil mulimmah,hal.229

📎 dinukil dari majmu’ah :
مدارسة شروط الصلاة

🌷🍃ash shalihah🍃🌷

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published