Hak-Hak Anak Kita 🎈

〰🌿🍇🌿〰〰 🌿🍇🌿〰

سئل الشيخ محمد العثيمين رحمه الله :
تعلم يا فضيلة الشيخ أن بعض الآباء ينشغل في أعماله ، وقد لا يتمكن من سؤال أبنائه عن مستواهم الدراسي أو من يصحبون ، فهل هذا تضييع لحقوقهم ؟ .
فأجاب :
قوله ” إنه ينشغل بأعماله ” نقول : مِن أكبر أعماله : أبناؤه وبناته ، ومسئوليتهم أعظم من مسئولية تجارته ، ولنسأل ماذا يريد من تجارته ؟ إنه لا يريد منها إلا أن ينفق على نفسه وأهله ، وهذا غذاء البدن ، وأهم منه : غذاء القلب ، غذاء الروح ، زرع الإيمان والعمل الصالح في نفوس الأبناء والبنات .
” اللقاء الشهري ” ( 58 / السؤال رقم 1 ) .

〰🍇〰

Syaikh Al Utsaimin rahimahullah ditanya:

Sebagaimana yang anda ketahui wahai syaikh, sebagian para ayah sibuk dengan pekerjaannya, dan terkadang ia tidak memiliki waktu untuk bertanya kepada anak-anaknya, tentang kelas berapa sekolahnya atau siapa saja temannya, apakah yang demikian ini termasuk menyia-nyiakan hak-hak mereka (hak-hak anak, pen)?

✒Maka beliau menjawab:

⌚Perkataan “dia sibuk dengan pekerjaan”, maka kami katakan, di antara pekerjaan terbesarnya adalah para putra dan putrinya, tanggung jawab terhadap anak-anak lebih besar dibanding tanggung jawab terhadap perdagangannya.

🔦Dan coba kita tanyakan:
apa yang ia inginkan dari perdagangannya?

Sesungguhnya dia tidak menginginkan kecuali demi memberi nafkah dirinya dan keluarganya, dan ini adalah makanan untuk badan, yang lebih penting dari itu adalah makanan untuk hati, makanan untuk ruh, menanamkan keimanan dan amal shalih pada jiwa putra putri kita.

📚 Al-liqousy syahry (58/pertanyaan no.1)

👉🏻 Faedah dari majmuah 🌴 الأتــروجـ🌹ــة🌴

🌷🍃ash-shalihah🍃🌷

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published