Perubahan Fisik Ibu Hamil dari Minggu ke Minggu

❁●✿●❁🍃🌸🌸🍃❁●✿●❁

🍊 Perubahan Fisik Ibu Hamil dari Minggu ke Minggu
___________________________

🌸 Trimester 1 🌸
════ ❁●✿●❁ ════

🌿 Minggu ke-1.

🔖Usia kehamilan dihitung mulai dari hari pertama haid. Jadi pada minggu ini, ibu sedang mengalami haid namun sudah dihitung hamil satu minggu. Mungkin terdengar aneh. Hal ini disebabkan usia kehamilan sebenarnya adalah 38 minggu sejak terjadinya pembuahan. Namun karena sulit menentukan kapan pastinya terjadi pembuahan (kira-kira 2 minggu setelah haid), maka dokter dan bidan menghitung usia kehamilan selama 40 pekan dimulai dari hari pertama haid terakhir.

🌿 Minggu ke-2.

🔖Pada akhir minggu ini akan terjadi pembuahan, yaitu bertemunya sel telur dengan sel sperma. Jika ibu sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya ibu mempelajari cara menentukan masa subur (sudah pernah dibahas di artikel BIKUM yang telah lalu) agar kemungkinan terjadinya pembuahan biidznillah lebih besar.

🌿 Minggu ke-3.

🔖Sperma dan sel telur bertemu di tuba fallopii (saluran telur wanita). Satu sel sperma menembus sel telur, kemudian membentuk zigot.

💧 Sel-sel zigot membelah sangat cepat, sebagian akan berkembang menjadi plasenta yang mulai memproduksi hormon kehamilan HCG (Human Chorionic Gonadotropin).

🌾Adanya hormon HCG akan membuat ovarium berhenti melepaskan sel telur dan memicu peningkatan produksi hormon estrogen dan progesteron. Pada akhir minggu ini, HCG sudah dapat dideteksi melalui alat tes kehamilan, meskipun pada sebagian kasus tes kehamilan belum menunjukkan hasil positif.

⏰ Beberapa hari setelah pembuahan, telur yang telah dibuahi akan mencari dan menanamkan dirinya ke lapisan rahim yang kaya akan pembuluh darah.

💧 Pada saat ini mungkin akan ada sedikit bercak darah keluar dari vagina ibu.

🌿Minggu ke-4

Tes kehamilan dapat dilakukan pada akhir minggu ini untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Jika hasilnya positif, segera periksakan diri ke bidan/dokter untuk persiapan kehamilan. Apabila hasilnya negatif namun haid belum juga datang, tes kehamilan dapat dilakukan lagi beberapa pekan ke depan selama periode haid belum datang.

___________________hal.1 🍃
✍🏽dr. Dianika & Bidan Um Rufaidah

⏳Publikasi: Jum’at, 2 Jumadil Akhir 1437H / 11 Maret 2016.

📲Channel Telegram:
» bit.ly/Majmuah_Bikum

🌐 Website:
» http://bikumholistic.web.id/2016/03/11/perubahan-fisik-ibu-hamil-dari-minggu-ke-minggu/

🍯 Majmu’ah BIKUM 🍯

__________________hal. 2🍃

🌿Minggu ke-5

Pada minggu ini, gejala awal kehamilan mungkin sudah mulai muncul. Di antaranya: payudara terasa sakit, kelelahan, dan sering buang air kecil. Ibu juga mungkin mengalami mual-mual karena adanya hormon HCG.

🌿Minggu ke-6

Pada minggu ini, wajar apabila ibu sering mengalami perubahan mood, disebabkan oleh hormon yang naik-turun. Bercak perdarahan pada awal kehamilan, bisa jadi wajar namun bisa jadi juga merupakan tanda awal keguguran atau kehamilan ektopik (hamil di luar rahim). Jadi bila ibu mengalami bercak atau perdarahan, sebaiknya segera hubungi bidan/dokter.

🌿Minggu ke-7

Selama lima minggu ini (setelah pembuahan), rahim telah membesar dua kali lipat. Banyak ibu mengalami mual muntah, morning sickness (mual muntah di pagi hari), atau lebih buruk lagi hiperemesis gravidarum yang biasanya akan membaik pada trimester kedua.
Ibu sering buang air kecil. Hal ini karena peningkatan volume darah sehingga ginjal memproduksi lebih banyak cairan kemih. Pada saat ini, volume darah ibu 10 persen lebih banyak daripada sebelum hamil. Peningkatan volume darah penting agar suplai darah ke calon janin tercukupi.
Rahim yang semakin membesar juga akan menekan kandung kemih sehingga membuat ibu sering ke kamar kecil.

🌿Minggu ke-8

Ukuran payudara ibu perlahan mulai membesar sebagai persiapan untuk menyusui. Payudara mungkin akan terus berkembang selama kehamilan, apalagi jika ini merupakan kehamilan pertama.
Pertambahan hormon yang pesat membuat ibu merasa lemah dan kelelahan. Rasa lemah dan lelah juga sebagai akibat mual muntah dan tidur malam yang sering terganggu akibat sering buang air kecil.

🌿Minggu ke-9

Pinggang ibu akan sedikit menebal, walaupun ibu belum terlihat hamil. Keluhan morning sickness semakin meningkat. Emosi yang naik-turun dan suasana hati yang berubah-ubah biasanya akan mereda pada trimester kedua, kemudian muncul lagi menjelang akhir kehamilan.

🌿Minggu ke-10

Berat badan ibu mulai bertambah. Ibu mungkin juga akan mengalami evening sickness, yaitu mual muntah pada sore hari menjelang malam. Jika ibu merasa lebih banyak mual pada sore hari, ibu bisa mensiasatinya dengan makan lebih banyak pada pagi atau siang hari dan makan makanan ringan untuk makan malam.

🌿Minggu ke-11

Kebanyakan ibu hamil pada minggu ini akan merasa sedikit lebih bertenaga dan mual berkurang. Namun, biasanya ibu akan mengalami konstipasi. Konstipasi disebabkan karena peningkatan hormon progesteron yang memperlambat pencernaan. Walaupun menyebabkan konstipasi, namun pencernaan yang melambat juga punya efek menguntungkan, yaitu lebih banyak nutrisi dari makanan yang diserap.
Selain itu ibu mungkin merasakan panas di dalam perut. Ini juga pengaruh hormon yang mengendurkan katup antara lambung dan kerongkongan sehingga asam lambung mudah naik.

Bersambung in syaa Allah🍃

✍🏽dr. Dianika & Bidan Um Rufaidah

⏳Publikasi: Jum’at, 2 Jumadil Akhir 1437H / 11 Maret 2016.

📲Channel Telegram:
» bit.ly/Majmuah_Bikum

🌐 Website:
» http://bikumholistic.web.id/2016/03/11/perubahan-fisik-ibu-hamil-dari-minggu-ke-minggu/

🍯 Majmu’ah BIKUM 🍯

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published