Bolehkah Membiarkan Anak Kecil Melintas di Depan Orang Shalat?

~~~~~~~~

✏ Syaikh Al-Utsaimin -rahimahullah-

❓❓Pertanyaan:

Apakah seorang wanita wajib menahan anaknya yang masih kecil melintas di hadapannya saat ia sedang shalat, dan perlu diketahui bahwa itu terjadi berulang-ulang di tengah-tengah shalat,sehingga dapat menyebabkan hilangnya kekhusyukan dalam shalat. Sementara apabila si wanita shalat sendirian (tanpa meletakkan anak di dekatnya) ia khawatir akan adanya bahaya/madharat bagi anaknya?

✏ Jawab:

Dalam keadaan seperti ini tidak ada dosa bagi wanita tersebut untuk membiarkan anaknya lewat di hadapannya bila memang si anak sering lalu lalang dan dia sendiri merasa khawatir akan rusaknya shalat disebabkan terus-menerus mencegah si anak, sebagaimana hal ini dikatakan oleh para ulama rahimahumullah.

Akan tetapi, dalam keadaan seperti ini sepantasnya bagi wanita tersebut untuk memberikan sesuatu kepada anaknya yang bisa dijadikan sebagai mainan (untuk mengalihkan perhatiannya) sementara si anak tetap berada di dekatnya. Karena apabila anak-anak diberi sesuatu yang bisa dijadikan sebagai mainan, biasanya mainan itu akan mengalihkan perhatiannya dari yang lain.

Adapun apabila terus menempelnya si anak kepada ibunya karena merasa lapar atau haus, yang lebih utama baginya adalah menunda shalatnya hingga ia selesai menunaikan keperluan anaknya. Kemudian setelah itu ia menunaikan shalatnya.”

(Majmu’ah As’ilah Tuhimmu Al-Usrah Al-Muslimah, hal. 151-152)

ash-shalihah

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published