Petunjuk Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam Mengobati Migrain (bagian 2)

🍃🍯🍃

بسم الله الرحمن الرحيم

📚 Thibbun Nabawy, Ibnul Qoyyim 📚

——🍃———🍃——

🍯 Petunjuk Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam Mengobati Migrain
(bagian 2)
___________________________

📌 MIGRAIN 📌

📝 Migrain atau sakit kepala sebelah, diantara penyebabnya adalah adanya unsur tertentu yang menyerang bagian urat kepala itu sendiri, langsung menyerang bagian itu atau melalui organ tubuh lain lalu naik ke kepala. Sehingga sakit tersebut akhirnya diderita oleh sisi kepala yang lebih lemah dari sisi lainnya.

☝ Unsur tersebut bisa berupa ;
– uap, atau
– kotoran yang bersifat panas atau dingin.

🔑 Ciri khasnya yaitu muncul gejala semacam denyutan di pembuluh darah.

📖 Abu Nu’aim menyebutkan dalam kitab Ath-Thibbun Nabawi,
“Jenis pusing ini pernah diidap oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم hingga 1 atau 2 hari sehingga beliau tidak keluar rumah.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah berkhutbah di hadapan para sahabat dengan kepala masih terbalut oleh kain.”

📌 Membalut kepala berguna untuk mengatasi migrain dan sakit kepala lainnya. Bila terjadi sakit kepala akibat panas yang menyengat, sementara tidak ada unsur tertentu yang harus dikeluarkan dari tubuh, maka penyembuhannya dengan inai mujarab sekali.

📝 Caranya, dengan ditumbuk halus dan dicampur cuka untuk dibalurkan dan dibalut di kepala, in syaa Alloh sakit kepala pun langsung berkurang.

🌿 Inai mengandung energi yang bisa mengatasi pusing. Bahkan tidak hanya untuk kepala saja, inai juga bisa digunakan untuk berbagai rasa sakit/bengkak/radang di sekujur tubuh.

📖 Rasulullah صلى الله عليه وسلم setiap kali ada orang yang datang menemui beliau menceritakan sakit di kepalanya, pasti beliau bersabda, “Bekamlah.”
Dan setiap kali orang menceritakan sakit di kakinya kepada beliau,
beliau berkata, “Gunakan inai untuk membalutnya.”
(HR. Al-Bukhari dan Abu Dawud)

📖 Dalam riwayat At-Tirmidzi dari Salamah Ummu Rofi’, pembantu Rasulullah صلى الله عليه وسلم, berkata, “Tidaklah Rasulullah صلى الله عليه وسلم terkena luka, tidak pula duri, melainkan beliau menempelkan padanya inai.”

و الله أعلم بالصواب

🍃bersambung in syaa Allah.

✒ Tim Thibbunnabawy
bit.ly/thibbunnabawy (channel ikhwan).
________________

⏳Publikasi: Sabtu, 10 Jumadil Awwal 1437H / 19 Maret 2016.

📲Channel Telegram:
» bit.ly/Majmuah_Bikum

🍯 Majmu’ah BIKUM 🍯

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published