Perubahan Fisik Ibu Hamil dari Minggu ke Minggu (Trimester 2)

🍃🌷🍃🌷🍃🌷🍃🌷🍃🌷🍃🌷

✔️ Perubahan Fisik Ibu Hamil dari Minggu ke Minggu

🌸 Trimester 2
____________________________

📆 Minggu ke-13

🔗Risiko keguguran semakin berkurang dibandingkan pada saat awal kehamilan. Beberapa ibu mengalami kenaikan libido pada saat ini. Waktu kelahiran masih lama, namun payudara mungkin sudah mulai memproduksi kolostrum.

📆 Minggu ke-14

🔗Ibu sudah memasuki trimester kedua. Saat ini, payudara sudah tidak begitu tegang dan mual sudah reda (walaupun ada beberapa wanita yang masih merasa mual sampai berbulan-bulan lagi). Ujung rahim sedikit di atas tulang kemaluan, membuat perut mulai terlihat menonjol.

📆 Minggu ke-15

🔗Berat badan ibu biasanya sudah naik sekitar 2,5 kg. Perubahan hormonal menyebabkan aliran darah meningkat, termasuk aliran darah menuju membran mukosa hidung. Akibatnya, mukosa hidung menebal dan ibu merasa hidungnya sering tersumbat. Ini merupakan kondisi yang sangat umum. Beberapa wanita bahkan mengalami mimisan akibat peningkatan volume darah dan pembuluh darah yang mengembang di hidung.

🎗Keluhan fisik semakin berkurang dan energi semakin meningkat, sehingga trimester kedua merupakan trimester paling nyaman bagi kebanyakan ibu hamil.

📆 Minggu ke-16

🔗 Ujung rahim berada di antara pusar dan tulang kemaluan.
Gerakan janin pertama kali dirasakan antara minggu ke-16 dan 22 (walaupun sebenarnya janin sudah mulai bergerak pada minggu ke-7 sampai 8). Gerakan pertama mungkin hanya terasa seperti kedutan, atau seperti letupan gelembung gas di dalam perut.

🌹Ibu yang sudah pernah hamil (terlebih ibu yang kurus) cenderung dapat merasakan gerakan janin lebih cepat. Sering kali ibu yang baru pertama kali hamil belum dapat merasakan gerakan janin hingga minggu ke-20 atau lebih. Gerakan ini akan terasa semakin kuat seiring bertambahnya usia kehamilan.

📆 Minggu ke-17

🔗Seiring membesarnya perut, pusat gravitasi di tubuh ibu bergeser, sehingga ibu sering merasa kehilangan keseimbangan. Jaringan ikat yang menyokong rahim semakin menebal dan melebar. Berat badan semakin bertambah, mood semakin stabil.

📆 Minggu ke-18

🔗 Nafsu makan meningkat. Lingkar pinggang semakin membesar.

💧Pada trimester ini, jumlah cairan di dalam pembuluh darah bertambah sehingga darah menjadi lebih encer. Kadar Hb (hemoglobin) dan tekanan darah mungkin lebih rendah daripada biasanya. Untuk menghindari pusing, jangan bangun terlalu cepat dari posisi tidur atau duduk. Saat tidur, posisi yang terbaik saat ini adalah berbaring miring. Jika ibu berbaring telentang, rahim akan menekan pembuluh darah balik sehingga menghalangi darah kembali ke jantung.

📆 Minggu ke-19

🔗 Berat badan bertambah semakin cepat. Berat rahim semakin meningkat. Jaringan ikat yang menyokong rahim semakin meregang, membuat ibu merasakan sakit di perut bagian bawah.

📌Ibu juga akan mengalami beberapa perubahan kulit, di antaranya telapak tangan menjadi lebih merah, sebagai akibat dari peningkatan hormon estrogen. Meningkatnya hormon juga menyebabkan peningkatan pigmen di kulit sehingga kulit menjadi kehitaman pada pipi, bibir atas, puting payudara, ketiak, paha dalam, kemaluan, dan biasanya muncul garis hitam dari pusar hingga kemaluan. Garis hitam ini disebut linea nigra.

🗒Halaman.1

#dr_dianika & #bidan_Umm.Rufaidah

🍯 Majmu’ah BIKUM 🍯
〰〰〰〰〰〰🗒 Halaman.2

✔️ Perubahan Fisik Ibu Hamil
dari Minggu ke Minggu

🌷🌷🌷🌷🍃🍃🍃🌷🌷🌷🌷

📅 Minggu ke-20

🍂 Ibu sudah mencapai setengah perjalanan dari kehamilan. Saat ini, ibu mungkin merasakan beberapa perubahan saat tidur malam.

➖ Di antaranya, ibu mulai mendengkur. Ini juga akibat peningkatan estrogen yang membuat membran mukosa menebal. Tidur miring membantu ibu agar tidak mendengkur. Ibu juga mulai merasakan kram kaki.

👓 Untuk mengatasinya, bisa dilihat pada artikel BIKUM mengenai kram kaki saat hamil yang sudah pernah diposting.
Peningkatan metabolisme tubuh membuat ibu sering merasa panas dan berkeringat.

📅 Minggu ke-21

🍂Tubuh terasa semakin nyaman. Namun, produksi kelenjar minyak meningkat sehingga menperbesar perkembangan (atau memperburuk) jerawat.
Dinding pembuluh darah melebar sehingga dapat timbul varises.

🔑Varises lebih banyak timbul jika faktor keturunan, pada ibu yang sering hamil, atau pada ibu hamil berusia tua.
Mungkin juga akan terlihat pelebaran pembuluh darah kapiler di dekat permukaan kulit yang berbentuk seperti sarang laba-laba (disebut spider nevi). Hal ini tidak mengganggu dan biasanya menghilang setelah melahirkan.

📅 Minggu ke-22

🍂Mulai muncul stretch marks di perut, yaitu tanda parut berupa guratan-guratan putih memanjang dengan pola tidak beraturan. Stretch marks terbentuk karena adanya peregangan kulit yang membuat jaringan elastis di bawahnya robek. Selain di perut, stretch marks juga sering dijumpai di paha dan lengan.

🔖Selain perubahan pada perut, hormon juga menyebabkan banyak perubahan di luar perut. Di antaranya:

– rambut lebih tebal dan berkilau.

– meningkatnya rambut pada tubuh.

– kuku tumbuh lebih cepat.

– perubahan kulit: pada beberapa wanita muncul warna kehitaman atau jerawat, namun pada sebagian yang lain kulit justru terlihat lebih bersinar.

– puting payudara melebar dan menghitam.

– telapak kaki membesar akibat jaringan ikat meregang.

📅 Minggu ke-23

🍂Mulai minggu-minggu ini, wajar bila telapak kaki dan pergelangan kaki sedikit membengkak, khususnya menjelang malam hari. Hal ini akibat peredaran darah yang kurang lancar serta penumpukan natrium dalam darah menyebabkan pengendapan air, sehingga timbul bengkak atau edema.

↪️ Cara mengatasinya, tidurlah dengan posisi miring ke kiri, meluruskan kaki saat duduk, dan hindari berdiri atau duduk terlalu lama.

☝️🏽Jika terdapat bengkak berlebihan pada kaki, atau ditambah bengkak di wajah, tangan, atau sekitar mata, segera periksakan ke bidan/dokter karena bisa jadi merupakan tanda preeklampsia (penjelasan tentang preeklampsia sudah pernah dibahas di artikel BIKUM).

📅 Minggu ke-24

🍂Tinggi ujung rahim setinggi pusat atau sedikit di atasnya, dan rahim telah membesar seukuran bola sepak. Pada minggu ini, ibu sebaiknya mulai mempelajari tanda-tanda kelahiran prematur (kelahiran sebelum usia kehamilan 37 minggu) agar kelahiran prematur tersebut bisa dicegah.

⏺ Kelahiran prematur bisa disebabkan karena infeksi saluran kelamin, masalah plasenta, leher rahim lemah, dan pada banyak kasus tidak diketahui penyebabnya.

🔻Tanda-tandanya antara lain keputihan meningkat terlebih bila disertai darah atau terdapat semburat merah jambu, ada perdarahan dari vagina, kram seperti haid atau lebih dari empat kontraksi dalam satu jam, dan terasa bayi menekan panggul.

🍎 Bersambung insya Allah…✍🏼

#dr_Dianika & #Bidan_Umm.Rufaidah

⏳Publikasi: Jum’at, 16 Jumadil Akhir 1437H / 25 Maret 2016.

📲Channel Telegram:
» bit.ly/Majmuah_Bikum

🌐 Website:
» bikum.web.id

🍯 Majmu’ah BIKUM 🍯

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published