OBAT DAN PERBEKALAN KESEHATAN KHUSUS BAYI DAN ANAK YANG PENTING UNTUK DISEDIAKAN DI RUMAH

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat penting untuk memelihara kesehatan keluarga, serta mencegah dan mengobati penyakit. Salah satu usaha tersebut adalah menyediakan obat yang sangat dibutuhkan sebelum terjadinya sakit terutama pada bayi dan anak-anak karena di usia yang masih sangat muda rentan terkena penyakit atau pada kondisi gawat darurat.

Berikut ini obat dan perbekalan kesehatan untuk bayi dan balita yang penting untuk disediakan di rumah :

✅1. Analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun panas)

Obat ini merupakan obat yang paling banyak digunakan dan perannya sangat penting karena nyeri dan panas demam merupakan gejala yang ada pada sebagian besar jenis penyakit/luka/gangguan kesehatan.

Analgesik antipiretik berfungsi :

– Mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman, contohnya pada sakit kepala, sakit gigi, dll.
– Menurunkan suhu tubuh
Peningkatan suhu tubuh sebenarnya adalah alarm terjadinya “sesuatu” dalam tubuh, namun apabila terlalu tinggi terutama pada bayi dan anak yang mempunyai riwayat kejang akan sangat berbahaya bila tidak minum obat antipiretik ini.

Yang termasuk analgetik antipiretik :

1. Parasetamol (aman mulai usia 0 bulan)
contoh :
Tablet : Panadol anak
Syrup/Drop : Termorex, Tempra, Sanmol, Praxion, dll.

2. Ibuprofen (aman mulai usia 12 bulan/1 tahun)
Contoh :
Syrup : Proris, Hufagrip TMP, Bufect, dll.

✅ 2. Obat diare dan oralit

Diare dapat terjadi tiba-tiba dan akut, pada bayi dan balita harus segera diatasi. Sediaan obat yang ringan untuk mengatasinya adalah probiotik.
Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang berfungsi menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan mempertahankan jumlah bakteri baik yang bermanfaat dan menekan pertumbuhan bakteri “jahat”. Contoh : Lacto B, L-bio.

Sedangkan oralit sebagai terapi cairan untuk mencegah dehidrasi. Contoh : oralit KF, Pedialyte, Pharolit. Bisa juga membuat oralit sendiri di rumah.

Cara membuat oralit :

1. Siapkan 1 gelas air matang hangat (200 ml)

2. Masukkan 1 sendok teh gula pasir dan ¼ sendok teh garam

3. Aduk rata sampai larut

4. Berikan kepada penderita. Apabila tidak habis bisa disimpan tidak boleh lebih dari 24 jam.

✅ 3. Obat batuk pilek

Obat batuk pilek biasanya berisi komposisi sbb : analgesik antipiretik, dekongestan (pelega hidung tersumbat), pengencer dahak, penekan batuk, antihistamin/antialergi. Namun variasi komposisi di pasaran banyak. Dapat ditanyakan kepada apoteker dan petugas di apotik.

✅ 4. Sediaan pelega hidung

Pada bayi dan anak hidung tersumbat dapat menyebabkan kerewelan sampai sulit tidur. Untuk itu perlu sekali kita usahakan untuk mengurangi hidung tersumbat dengan cara memberikan sediaan yang ringan dan aman bahkan bisa dikatakan bukan obat yaitu sebagai berikut :

_a. Breathy Nasal Drops/Tetes hidung_
Komposisi : Setiap 1 ml mengandung Natrium Klorida 6,5 mg. (Natrium klorida biasa dikenal dengan “garam dapur”).

Indikasinya : untuk melembabkan membran hidung yang kering dan meradang karena pilek, alergi, dan iritasi hidung lainnya.

Breathy tetes hidung dapat digunakan untuk anak dan bayi 1 bulan ke atas. Teteskan 1 – 2 tetes Breathy pada masing-masing lubang hidung, atau sesuai dengan petunjuk dokter. Dapat diulang beberapa saat kemudian (sering tidak mengapa).

_b. Balsam khusus bayi dan anak_
Contoh : Transpulmin baby, Vick Baby Balsam, Balsam Copal.

_c. Sediaan yang mengandung minyak essential._

Penggunaannya diteteskan di air hangat agar uapnya bisa dihirup bayi, bisa dioleskan juga di bantal atau selimut bayi. Hindarkan kontak dengan kulit atau jangan dioleskan langsung pada kulit.

_Contoh : Vaporin, Young Living, dll._

✅5. Obat mual muntah

Muntah dapat terjadi akut dan terus menerus dalam beberapa jam saja apabila bayi dan balita memderita muntaber, infeksi saluran cerna, dan kasus keracunan.

_Contoh : Domperidon, Primperan, Vometa.Tersedia dalam bentuk sirup dan tetes/drop untuk bayi._

✅ 6. Obat sesak napas
Apabila si kecil mempunyai bakat alergi salah satu tandanya adalah dapat terjadi sesak nafas. Selain diberi antialergi tentunya dibutuhkan obat bronkodilator (melonggarkan saluran napas). Konsultasikan ke dokter obat yang cocok sehingga untuk kemudian hari bisa disediakan di rumah apabila dibutuhkan darurat.

✅ 7. Obat antikejang

Apabila si kecil mempunyai riwayat demam disertai kejang maka sebaiknya disediakan obat antikejang. Obatnya berupa cairan dalam tube yang dimasukkan melalui anus/dubur. Sediaan yang dimaksut adalah Diazepam/Stesolid rectal tube. Namun obat ini tidak dapat dibeli bebas dan harus dengan resep dokter. Konsultasikan kepada dokter apabila si kecil mempunyai riwayat kejang.

✅ 8. Obat gatal dan iritasi kulit

Obat gatal, _contoh : bedak salycil, Caladin bedak, Caladin Lotion, Minyak tawon._

Obat Iritasi atau ruam kulit , _contoh : minyak zaitun, krim Momilen, Cusson cream._

✅ 9. Obat dan alat kesehatan
Perawatan luka dan benturan
terdiri dari :

– Antiseptik : povidon iodin, betadin, rivanol.

– Penutup luka : kasa steril, plester, perban, ultrafix (lembaran penutup luka berperekat tapi mudah dibuka, tidak sakit dan tidak terlalu lengket ketika dibuka).

– Obat oles luka akibat benturan : Thrombophop gel –> berisi heparin yang berfungsi mencegah pembekuan darah, sebagai anti-radang sehingga dapat menyembuhkan bengkak dan menghilangkan rasa nyeri.

Penggunaan dioleskan pada bagian yang bengkak dan memar. Tidak boleh dioleskan pada luka terbuka. Wallahu A’lam

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published