Perawatan Payudara Selama Kehamilan

💧Salah satu hal sederhana yang penting bagi ibu hamil adalah memahami anatomi payudara dan perawatannya sejak hamil dan setelah menyusui. Meski tampak sepele, banyak mitos dan kesalahpahaman tentang kedua hal ini sehingga banyak ibu melakukan tindakan berisiko yang menyebabkan iritasi dan melukai bagian-bagian dari payudara, terutama puting dan areola (daerah yang menghitam).

💧Saat hamil, ukuran payudara ibu akan membesar serta aliran darah ke payudara meningkat dan pembuluh darah kadang terlihat lebih jelas. Tidak ada ukuran dan bentuk payudara yang ideal. Beberapa wanita juga menemukan adanya _stretch mark_ seperti yang umum terjadi di perut wanita yang sedang hamil. Puting dan areola akan membesar hingga mencapai dua kali dari ukuran sebelum hamil, dan warnanya pun berubah menjadi lebih gelap. Warna yang berubah menjadi lebih gelap ini akan memudahkan bayi mencari sumber makanannya. Puting akan menjadi lebih sensitif, bahkan dengan sentuhan lembut saja terasa nyeri, dan ini hal yang normal.

💧Anjuran pemeriksaan detail kondisi payudara untuk persiapan menyusui tidak ditemukan dalam panduan yang disusun ahli-ahli laktasi dunia. Dunia penelitian di Inggris menemukan bahwa mengidentifikasi puting datar/terbenam ( _flat/interved nipple_) selama kehamilan serta melakukan tindakan untuk mengoreksinya malah dapat menyebabkan masalah saat menyusui sehingga menurunkan keberhasilan menyusui/menyapih lebih awal.

💧Berikut ini beberapa tips merawat payudara :

‼Tidak perlu membersihkan puting, areola secara khusus, bahkan sampai menggunakan cairan desinfektan atau alkohol.
‼Jangan mengeringkan payudara dengan kasar. Sebaiknya, angin-anginkan payudara lebih dulu secara alami sebelum memakai bra.
‼Jangan mengeringkan payudara dengan pengering rambut atau dibawah lampu panas karena dapat menyebabkan payudara menjadi kering dan mudah lecet.
‼Pilihlah dan gunakanlah bra/penyangga payudara yang tepat. Pemilihan bra yang tepat tidak hanya membuat ibu nyaman karena payudara tertopang dengan baik, tetapi juga mengurangi nyeri punggung dan menjaga bentuk payudara.
‼Gunakan _breast pad_ (bantalan bra) untuk melindungi pakaian dari ASI yang merembes. Memasuki trimester kedua, payudara mulai memproduksi kolostrum dan kadang kolostrum tersebut merembes keluar.

📒Sumber : F.B. Monika (Konselor Laktasi & La Leche League Leader)

*🖋Bidan Ummu Dihya Mita, Amd. Keb.* Dan dipublikasikan pada ; Selasa, 28 Dzulhijjah 1438H/ 19 September 2017M.

🌐Website:
● http://bikumholistic.web.id/

📠Telegram:
● http://bit.ly/Majmuah_Bikum

*🍯🌻Majmu’ah BIKUM🌻🍯

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published