🌺 *SUPERFOOD TERBAIK UNTUK IBU HAMIL*🌺

🍇🌿🍇🌿🍇🌿🍇🌿🍇🌿

▪Umma, hendaknya selama kehamilan lebih memilih makanan yang alami dan segar : buah, sayuran hijau supaya lambung pun menjadi tersenyum. Sebaiknya pula, umma mengurangi cemilan, lauk pauk yang sudah dihangatkan kembali atau banyak makan makanan yang hanya mengandung satu jenis zat gizi saja. Hindari makanan instan dan yang mengandung zat-zat adiktif karena makanan tersebut membahayakan tubuh, hanya akan menjadi sampah bagi lambung dan usus.

▪Segala yang dikonsumsi oleh umma saat hamil sangat berdampak pada kesehatan janinnya. Makanan yang halal (baik dari cara mendapatkannya maupun dari zatnya) akan berpengaruh pada aqidah dan akhlak anak. Sedangkan makanan thoyyib akan berpengaruh pada kesehatan tubuh anak. Alasan tersebutlah, perlu sekali umma mengetahui makanan terbaik yang dapat dikonsumsi selama kehamilan. Memastikan nutrisi umma halal dan thoyyib.

_*”Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan, karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”*_(QS. Al Baqarah ayat 168)

1⃣ *KURMA* : Raja dari segala buah, dalam al-Qur’an disebut sebanyak 24 kali. _Maa syaa Allaah_, kurma merupakan makanan yang terbaik. Kurma matang/kering ( _Tamr_) sangat kaya dengan kandungan kalsium dan zat besi (Fe) yang mana kedua unsur ini sangat efektif dan penting bagi pertumbuhan janin. Zat besi untuk pembentukkan darah dan kalsium untuk pembentukan tulang sumsum serta dapat mencegah _anemia_ sehingga sangat dianjurkan untuk wanita hamil dan yang akan melahirkan. Sebagaimana perintah Allaah تعالى kepada Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan dikarenakan buah kurma selain mudah mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim menjadi teratur sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya.

*_”Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.”_* (QS. Maryam ayat 25-26).

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa buah kurma basah/segar ( _Ruthab_) memiliki pengaruh mengontrol laju gerak rahim/kontraksi dan menambah masa _sistole_-nya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke seluruh tubuh).

2⃣ *MADU* : Madu aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Madu mengandung enzim, hormon, asam amino dan beragam vitamin yang diperlukan untuk aktivitas sel dan proses biokimiawi tubuh ibu hamil. Madu kaya akan vitamin A, _betakaroten_, vitamin B kompleks(lengkap), vitamin C, D, E, dan K.

*_”Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat manusia’, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”._* (QS. An-Nahl ayat 68-69).

Penelitian di Universitas Florida Departemen Ilmu Makanan dan Nutrisi Manusia menyimpulkan bahwa madu mengandung vitamin B6, riboflavin, thiamin dan asam pantotenat. Selain itu D. Jarvis meneliti bahwa madu mengandung mineral zat besi, kalsium, kalium, magnesium, tembaga, mangan, natrium dan fosfor.

🍯Dosis yang dianjurkan dalam sehari minum 2 kali sendok makan(100-200 mg). Madu diminum 1½ sampai 2 jam sebelum makan atau 3 jam sesudah makan. Sebaiknya madu juga diminum dengan campuran air agar mudah dicerna dan mencapai peredaran darah, jaringan, dan sel tubuh.

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published