Gangguan Jiwa (2)

 

🌀 Skizofrenia 🌀

Skizofrenia merupakan gangguan jiwa yang banyak terdapat dalam masyarakat dan sering dikonotasikan dengan keadaan gila. Skizofrenia termasuk dalam gangguan psikotik. Gangguan psikotik adalah gangguan yang ditandai dengan hilangnya kemampuan menilai realita, terdapat waham dan halusinasi. Tetapi, tidak semua gangguan psikotik adalah skizofrenia.

Gejala yang sering ditemukan pada pasien skizofrenia antara lain terdapat waham dan halusinasi, tingkah laku yang terganggu atau kacau, dan disertai gangguan emosi atau perasaan ( emosinya datar ). Gejala-gejala tersebut biasanya muncul di usia dewasa muda. Jika tidak ditangani dengan baik, maka perjalanan penyakitnya bisa semakin buruk. Jika ditangani dengan benar dari awal, gejala bisa berkurang dan berangsur membaik walaupun ada yang meninggalkan gejala sisa. Penderita skizofrenia masih bisa tetap produktif. Banyak penderita skizofrenia yang berobat dengan teratur, lalu sekarang bisa hidup normal seperti biasa, bekerja dan berkeluarga.

 

🌀 Depresi 🌀

Sedih adalah hal yang pasti semua orang pernah rasakan. Bagaimana seseorang dikatakan sampai depresi ? Seseorang dikatakan depresi jika kesedihan tersebut begitu mendalam, menetap selama minimal 2 minggu, mengalami rasa tertekan yang begitu beratnya, sehingga yang bersangkutan terganggu fungsinya dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti kuliah atau kerja.

Gejala dasar depresi pertama adalah tertekannya perasaan. Hal ini terlihat dari tidak peduli terhadap dirinya, mudah menangis, hilangnya minat terhadap hal yang menyenangkan. Kedua, sulit berpikir. Diperlihatkan dalam sikap acuh tak acuh dan susah untuk konsentrasi. Ketiga, kelambatan psikomotor. Yaitu, gerakannya lambat dan tidak bergairah, biasa terlihat dalam tingkah lakunya. Seseorang yang mengalami depresi seringkali diremehkan oleh lingkungannya, diminta untuk melawan perasaannya atau banyak ibadah. Tidak semudah itu untuk bangkit dari depresi. Perlu konsultasi kepada yang ahli untuk membantu penderita depresi bangkit. Selain itu, pengertian dan dukungan lingkungan juga merupakan faktor yang penting dalam pemulihan depresi selain bantuan obat dan psikoterapi.

•••●✿ Hal. 2 ✿●•••

 

✍🏼 Dipublikasikan pada hari Kamis 21 Rabi’ul Awwal 1440 H / 29 November 2018 M

 

❃❀❃❀❃❀❃❀❃❀❃❀❃

 

http://t.me/Majmuah_Bikum

http://bikumholistic.web.id

 

🍯🌻Majmu’ah BIKUM 🌻🍯

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published