Sehat Dengan Sambiloto

IMG_20190129_150848_259

Seri Hidup Sehat Ala Prof. Hembing

 

 

SEHAT DENGAN SAMBILOTO

 

Sambiloto dapat menyembuhkan berbagai radang penyakit secara alamiah dan mudah di dapat. Sambiloto (andrigrapies) merupakan tanaman yang berkhasiat obat dengan rasa pahit dan bersifat mendinginkan. Seluruh bagian tanaman ini dapat di gunakan sebagai obat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti mengobati berbagai macam radang, tekanan darah tinggi, TBC paru,menurunkan panas,kudis,dan lain-lain.

 

Tanaman sambiloto banyak tumbuh di dataran rendah sampai 700 meter di atas permukaan laut.

Di indonesia tanaman ini tumbuh liar di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan,di ladang,tanah kosong yang tanahnya agak lembab. Tanaman ini juga bisa di tanam di halaman yang bibitnya dapat di beli dari penjual bibit tanaman.

 

Di daerah biasa di sebut papaitan(Sumatera),ki oray,ki peurat,ki ular,takilo,bidara,sadilata,sambilata,takila (Jawa). Di China tanaman sambiloto, di sebut Chuan Xin Lien, sudah di buat tablet dan diekstak menjadi cairan untuk infus dan suntik.

 

Daun sambiloto berkhasiat mengatasi berbagai penyakit,seperti tumor paru, kencing manis, hipertensi, anti kanker, bronchitis, batuk rejan, disentri, perut kembung, diare, influensa, menurunkan panas, demam, abses, bisul, kudis, kencing nanah, luka bakar, diabetes, typus, sakit kepala, gigitan ular, luka terinfeksi, infeksi saluran empedu, hidung berlendir dan lain-lain.

 

Tumbuhan ini mengandung lactone, flavonoid, alkane,ketone,dan aldehyde. Selain itu tanaman ini juga mengandung mineral seperti, kalium, kalsium, natrium, dan asam kersik.

 

Dalam episode ini Prof.Hembig membahas tentang kegunaan dan khasiat daun sambiloto untuk mengobati berbagai penyakit.

 

Radang hati/hepatitis.

Sediakan daun sambiloto yang kering 15 gram, dan yang segar 30 gram. Rebus daun ini dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa 300 cc. Minum sehari dua kali.

 

Mengobati radang usus dan disentri.

Rebus daun sambiloto yang segar sebanyak 30 gram, kemudian tambahkan patikan kebo segar sebanayak 20 gram. Kemudian saring airnya. Tambahkan madu secukupnya, langsung di minum.

 

Mengobati bronchitis, radang paru-paru, dan tumor paru-paru.

Rebus dengan air secukupnya daun segar sambiloto sebanyak 20-30 gram atau yang kering sebanyak 15 gram. Di minum 2-3 kali sehari.

 

Mengobati radang mulut dan radang amandel

Sediakan daun kering sambiloto sebanyak 15 gram, kemudian rebus dengan air secukupnya. Minum 2 atau 3 kali sehari.

 

Mengobati batuk rejan.

Daun segar sambiloto sebanyak 5 gram, direbus dengan air selama 15 menit. Saring airnya kemudian tambahkan madu. Minum 3 kali sehari.

 

Mengobati tekanan darah tinggi.

30 gram daun segar sambiloto dan 75 gram seledri di rebus dengan air sebanyak 500 cc. Rebus sampai air sisa 250 cc. Saring kemudian minum airnya.

 

Mengobati luka bakar.

Haluskan 15 gram daun kering sambiloto sampai menjadi bubuk. Kemudian aduk dengan minyak kelapa atau rebusan daun segar. Kompreskan pada tempat yang sakit.

 

Mengatasi demam.

Haluskan 30 gram daun segar sambiloto, tambahkan air secukupnya. Saring dan minum airnya. Atau. Daun segar sambiloto yang sudah di haluskan di campur dengan airnya. Kemudian kompreskan pada badan yang panas.

 

Mengatasi radang ginjal dan radang saluran seni.

Sediakan daun segar sambiloto, kumis kucing, rambut jagung. Takarannya adalah jika daun segar sediakan sebanyak 30 gram, sebaliknya jika daun kering sediakan sebanyak 15 gram.

Rebus semua daun ini dengan 1 liter air hingga tersisa kira-kira 1/2 liter. Saring kemudian minum airnya.

 

Mengatasi diabetes.

☕Daun sambiloto yang segar sebanyak 30 gram, atau 15 gram yang kering. Direbus dengan 1 buah pare dan airnya sebanyak 1000cc hingga tinggal 500 cc. Setelah dingin saring airnya, dan minum 3 kali sehari. Pare yang tersisa dapat di makan.

 

Untuk kasus-kasus umum lainnya.

30 gram daun sambiloto segar di tambah dengan 15 gram daun sambiloto kering di rebus dengan air sebanyak 500 cc. Hingga tersisa

250 cc. Saring dan minum airnya

 

http://t.me/thibbunnabawy

 

 

Diposting ulang hari Jum’at, 6 Rabi’uts Tsani 1440 H / 14 Desember 2018 M

 

http://bikumholistic.web.id

https://t.me/Majmuah_Bikum

 

MAJMU’AH BIKUM

 

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published