Anjuran Pertolongan Pertama Kecelakaan Pada Anak (2)

2⃣ ⚡️⚡️ PERTOLONGAN PERTAMA KECELAKAAN SETRUM LISTRIK 

 

1. Jika anak terkena setrum, matikan listrik sebelum memegang anak. Jika anak tidak sadar, selimuti badannya dan segera minta tolong petugas kesehatan.

 

2. Jika anak sulit bernafas atau tidak bernapas, baringkanlah mendatar pada punggungnya. Peganglah lubang hidung anak dan tiuplah mulutnya. Tiuplah sekeras mungkin agar dadanya berdenyut. Hitung hingga tiga lalu tiup lagi. Lanjutkan hingga anak mulai bernafas.

 

3⃣ PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK TERSEDAK 

 

Jika anak batuk, biarkan mencoba mengeluarkan benda yang tertelan. Jika tidak cepat keluar dari mulut, bantulah mengeluarkannya. Jika tetap berada di tenggorokan bawalah segera ke petugas kesehatan.

 

4⃣ PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK JATUH ATAU CEDERA 

 

1. Cedera yang menimpa kepala, tulang belakang khususnya leher, sangatlah berbahaya karena dapat mengakibatkan lumpuh seumur hidup. Jangan menggerakkan kepala dan punggung guna mencegah bagian tulang belakang terkilir.

 

2. Anak yang tidak bisa bergerak atau sangat kesakitan kemungkinan mengalami patah tulang. Jangan menggerakkan bagian yang sakit.

 

3. Jika anak tidak sadar, selimuti anak dan segeralah meminta pertolongan petugas kesehatan.

 

4. Untuk luka memar dan terkilir, kompreslah bagian yang luka dengan air dingin atau es selama 15 menit. Jangan langsung menaruh es di atas kulit tetapi berilah alas kain. Angkat es atau air, tunggu selama 15 menit dan ulangi lagi jika perlu. Dingin dapat mengurangi rasa sakit, bengkak dan memar.

 

5. Jika kemungkinan terluka di kepala atau leher, jangan menggerakkan kepala anak selama membantu pernafasan.

 

 

✍ Faedah dari : Aprilya Setyawati, S. KM

 

________________ hal. 02

Diposting hari Selasa, 17 Rabi’uts Tsani 1440 H / 25 Desember 2018 M

 

http://bikumholistic.web.id

https://t.me/Majmuah_Bikum

 

MAJMU’AH BIKUM

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published